Kelurahan Pasar Madang Realisasikan Infrastruktur Pembangunan Dari Usulan Warga

Kelurahan Pasar Madang Realisasikan Bangunan Rabat Dab Drainase

Tanggamus, – Kelurahan Pasar Madang Kecamatan Kotaagung realisasikan peningkatan infrastruktur pembangunan Jalan dan Drainase dilingkungan RT setempat, menggunakan anggaran dana kelurahan tahap pertama. Sabtu (21/8/21).

Seperti yang terpantau oleh media, Beberapa masyarakat sangat antusias membantu mengerjakan pembangunan tersebut, yang sebelumnya masyarakat sangat mengharapkan infrastruktur dengan usulan spesifikasi pembangunan.

Adapun spesifikasi panjang volume kegiatan Infrastruktur pembangunan fisik untuk drainase 45,80 Meter perkubik berlokasi di RT 09, RT 08, RT 04, dan pengerjaan Rabat beton di RT 07, RT 11, RW 03, panjang Volume Rabat beton. 31,47 Meter perkubik yang sedang dilaksanakan.

Dalam hal ini, Dede Chandra Lurah Pasar Madang menerangkan adanya program infrastruktur pembangunan tersebut didasari usulan dari masyarakat yang sangat mengharapkan adanya prioritas jalan rabat beton dilingkungan gang perumahan RT setempat, yang sebelumnya jalqn tersebut terlihat kurang layak tepatnya jalan dipenuhi lubang. Kemudian usulan pembangunan Drainase aliran air irigasi untuk menghindari arus air naik kepemukiman ketika hujan turun.

“Memang benar, Anggaran dana kelurahan pasar Madang Termin pertama kita realisasikan untuk Infrastruktur pembangunan Fisik, terutama Drainase dan Rabat beton yang diusulkan oleh masyarakat,”katanya.

Menurut Dede, usulan tersebut sudah berkali-kali disampaikan masyarakat. Akan tetapi, dengan anggaran yang kurang mencukupi sebelumnya, sulit untuk menjangkau keinginan masyarakat.

“Alhamdulillah, mudah-mudahan masyarakat bisa mengerti keadaan dan situasi saat ini. Kalau kita lihat pekerjaan yang sedang berjalan ini, masyarakat berantusias membantu melancarkan pekerjaan, karena memang ini kemauan meraka dan tentunya nanti akan dirasakan oleh mereka sendiri,”ujarnya.

Kemudian, selama berjalannya pekerjaan tersebut, Dede mengutus Pokmas setempat untuk memantau pekerjaan dilapangan dengan kondusif.

“Soal dilapangan, kami percayakan kepada pokmas untuk mengerjakannya, karena dengan ini, pekerjaan tersebut benar benar terlaksana tanpa hambatan dan sesuai spesifikasi volume bangunan. Dan disitu pokmas bisa memberdayakan masyarakat yang memang terbiasa mengerjakan bangunan,”tukasnya.

Ditempat yang berbeda, Daeng Acok ketua Pokmas bersama tim pekerja lapangan didampingi Zahari SE., Kasi Pembangungan Kelurahan Pasar Madang, Pengawas Lapangan Bung Marwan, Staf bidang pembangunan Endriyan Maya, Tim Tehnisi/PPTK Firdaus Alamsyah ST, Tim Monev (Monitoring Evaluasi) Erpen, Babinsa Waldi dan babinkamtibmas Suhaqli.

Saat dikonfirmasi media, Daeng Acok menyampaikan, selama berjalannya pekerjaan tersebut pekerja lapangan mendapatkan sedikit kendala ketika hujan turun, akibatnya pekerja harus menunggu sampai cuaca bisa kondusif.

“Kalau kendala dilangan sih ada aja, yang paling utama itu waktu hujan. Ya, demi menjaga kesehatan para pekerja dan juga untuk menjamin spesifikasi bangunan yang tepat atau sesuai supaya terlihat kokoh, kami sedikit mengulur waktu menunggu cuaca benar benar cerah,”katanya.

Daeng Acok menerangkan adanya total anggaran yang kucurkan kurang lebih berjumlah 200 Juta Rupiah untuk semua kegiatan fisik pembangunan tersebut. Menurutnya, dengan kucuran anggaran tersebut, semaksimal mungkin dimanfaatkan untuk peningkatan pembangunan.

“Kurang lebih 200 Juta, disitu kita juga pasang plang atau papan informasi, supaya warga tahu bahwa pembangunan dengan nominal tersebut dikhususkan untuk masyarakat kelurahan pasar madang, supaya bisa melihat langsung tanpa ada yang ditutupi,”ujarnya.

Dengan tulus dan ikhlas Daeng acok bersama para pekerja mengerjakan pembangunan tersebut mendapatkan dukungan dari masyarakat atas jerih payahnya mengondisikan pembangunan tersebut supaya kondusif dan maksimal.

Hal ini diungkapkan Muhammad salah satu warga setempat yang mendukung berjalannya pembangunan dengan harapan supaya jalan dan drainase bisa selesai dengan maksimal.

“Kami sangat mendukung berjalannya pembangunan ini, karena memang jalan ini bisa dirasakan oleh orang banyak, yang tadinya jalan ini sempat rusak dengan lubang serta paping yang sudah keropos, kini bisa dibangun kembali atas kepedulian pemerintah khususnya kelurahan pasar madang,”ucapnya.

Lanjutnya, Kemudian adanya Drainase ini sangat terbantu, karena kedepannya bisa meminimalisir saluran air yang sebelumnya air sempat naik sampai kedasar rumah ketika hujan melanda.

Muhammad berharap, pemerintah selalu memperdulikan masyarakat atas usulan atau keinginan untuk membangun lingkungan kelurahan pasar madang yang lebih maju.

“Apapun kegiatan pemerintah kelurahan, kami selalu mendukung selama itu untuk masyarakat. Mudah-mudahan Lurah selalu memprioritaskan masyarakatnya dalam melayani dan mengambil solusi,”tutupnya.

Penulis : Mas’ud/ Darwin Ketua DPD Komit

Tim Konsorsium Multimedia Indonesia Tanggamus (Komit)